Sejarah dan Penemuan AMPERE

Amper lahir di Lyon , Prancis pada tanggal 20 Januari 1775. Ia menghabiskan masa kecil dan remaja di properti keluarga di Poleymieux-au-Mont-d’Or dekat Lyon. Ayahnya mulai mengajarinya bahasa Latin , sampai ia menemukan preferensi anak itu dan bakat untuk studi matematika. Para amper muda, namun, segera kembali pelajaran bahasa Latin, untuk memungkinkan dia untuk menguasai karya-karya Euler dan Bernoulli . Di kemudian hari amper mengklaim bahwa ia tahu banyak tentang matematika dan ilmu ketika ia masih delapan belas seperti biasa ia tahu, tetapi, seorang polymath , bacaannya memeluk sejarah, perjalanan, puisi, filsafat, dan ilmu-ilmu alam.

Selama Revolusi Perancis , ayah Ampere tinggal di Lyon mengharapkan lebih aman di sana. Namun demikian, setelah kaum revolusioner itu telah merebut kota ia ditangkap dan dieksekusi. Kematian ini adalah kejutan besar untuk amper.

Pada tahun 1796 amper bertemu Julie Carron, dan pada tahun 1799 mereka menikah. Dari sekitar 1796, amper memberikan les privat di Lyon pada matematika , kimia , dan bahasa. Pada tahun 1801 ia pindah ke Bourg-en-Bresse , sebagai guru besar fisika dan kimia, meninggalkan istri dan anaknya yang sakit bayi-nya ( Jean-Jacques amper ) di Lyon. Kematiannya, pada bulan Juli 1803, amper bermasalah selama sisa hidupnya. Juga pada 1804, amper diangkat guru besar matematika di Universitas Lyon .

Ampere mengklaim bahwa “pada usia delapan belas tahun ia menemukan tiga poin yang berpuncak dalam hidupnya, ia Komuni Pertama , pembacaan Antoine Leonard Thomas “Eulogy Descartes”, dan Taking of Bastille . Pada hari kematian istrinya ia menulis dua ayat dari Mazmur , dan doa, “Ya Allah, Tuhan Pengasih, bersatu saya di surga bersama mereka yang Anda telah mengizinkan saya untuk mencintai di bumi. ‘ Keraguan serius dilecehkan dia di kali, dan membuatnya sangat bahagia Lalu dia akan berlindung pada pembacaan. Alkitab dan Bapa Gereja. “

Untuk sementara waktu ia mengambil ke keluarganya siswa muda Antoine-Frédéric Ozanam (1813-1853), salah satu pendiri dari Konferensi Amal , kemudian dikenal sebagai Society of Saint Vincent de Paul . Melalui amper, Ozanam pernah kontak dengan pemimpin neo-Katolik gerakan, seperti François-René de Chateaubriand , Jean-Baptiste Henri Lacordaire , dan Charles Forbes René de Montalembert . Ozanam telah dibeatifikasi oleh Paus Yohanee Paulus II pada tahun 1997.
Fisika dan studi lebih lanjut

Jean Baptiste Joseph Delambre ‘s rekomendasi diperoleh untuk amper pengangkatan Lyon, dan setelah itu (1805) posisi kecil di sekolah politeknik di Paris , di mana ia diangkat guru besar matematika di 1809. Berikut amper terus mengejar penelitian ilmiah dan studi yang beragam dengan ketekunan berlanjut. Dia mengaku sebagai anggota dari Institut pada tahun 1814.

Amper yang terkenal terutama bertumpu pada nya membangun hubungan antara listrik dan magnetisme , dan dalam mengembangkan ilmu elektromagnetisme , atau, saat ia menyebutnya, elektrodinamika . Pada tanggal 11 September 1820 ia mendengar HC Ørsted itu penemuan bahwa sebuah jarum magnetik yang bertindak oleh arus volta. Hanya seminggu kemudian, pada tanggal 18 September, amper disajikan kertas untuk Academy berisi penjelasan lebih lengkap dan fenomena yang serupa. Pada hari yang sama, amper juga menunjukkan bahwa sebelum Academy kabel paralel membawa arus menarik atau menolak satu sama lain, tergantung pada apakah arus yang di sama (tarik) atau dalam arah yang berlawanan (tolakan). Ini meletakkan dasar elektrodinamika.

Topik elektromagnetisme demikian dimulai, amper mengembangkan teori matematika yang tidak hanya menggambarkan fenomena elektromagnetik sudah diamati, tetapi juga meramalkan yang baru.

Pada 1827 ia terpilih sebagai Anggota Asing Royal Society dan pada tahun 1828, anggota asing dari Royal Swedish Academy of Science .

Sumber : http://f011.blogspot.com/2012/06/sejarah-dan-penemuan-ampere.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s